Kerjasama CSF Dengan FF (Grant No. 1035-1397) Memasuki Tahun Kedua

Kegiatan CSF yang didanai oleh the Ford Foundation dengan judul “Strengthening Decentralization and Devolution of Forest Resource Management in East Kalimantan” pada bulan Juli 2004 ini telah memasuki implementasi tahun kedua dari jangka waktu implementasi 3 tahun (2003-2006). Program ini mencakup empat kegiatan utama (yang disebut Program Activity/PA), yaitu:

PA.1. Review Program Perhutanan Sosial di Jawa
Tujuan: Memberikan refleksi dan evaluasi terhadap praktek masyarakat serta konsep pendekatan, implementasi, output, dan dampak dari program sosial forestri yang dilaksanakan/berkembang di Jawa, termasuk program atas dukungan the Ford Foundation (sekitar tahun 1986-1990), serta menarik pelajaran berharga untuk penyempurnaan program serupa baik di Jawa ataupun di luar Jawa.

PA.2. Inventarisasi dan Identifikasi Praktek, Program dan Kebijakan Daerah dalam Mendukung Implementasi Kehutanan Berbasis Masyarakat
Tujuan: Mendokumentasikan (menyusun data base) keseluruhan (inisiatif praktek, program, dan kebijakan)berkaitan dengan pengelolaan hutan berbasis/ bersama masyarakat yang pernah/sedang dilaksanakan di Kalimantan Timur, agar dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran dari keberhasilan untuk penyusun strategi program/pendekatan di masa depan.

lPA.3. Pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia dan Kelembagaan Pengelolaan Sumberdaya Hutan
Tujuan: Melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan, pengembangan materi pelatihan, dan uji coba pelatihan untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dalam rangka desentralisasi dan pengembangan kelembagaan pengelolaan hutan, di kalangan birokrat ataupun masyarakat.

PA.4. Pengembangan Kriteria dan Indikator Pemantauan Implementasi Desentralisasi Pengelolaan Sumberdaya Hutan
Tujuan: Menyusun dan mengujicoba kriteria dan indikator pemantauan keberhasilan implementasi desentralisasi pengelolaan sumberdaya hutan, pada tingkat propinsi,
kabupaten/kota dan bahkan masyarakat (grass root). (MAS)