1. Menyelenggarakan pendidikan / pelatihan bagi staf Pengajar dan Mahasiswa Unmul dalam bidang Perhutanan Sosial, dan juga bagi pihak swasta serta parapihak lainnya, untuk mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan dasar mengenai Perhutanan Sosial serta bidang-bidang yang terkait.
2. Melakukan penelitian dalam bidang Perhutanan Sosial untuk lebih memahami isu-isu pokok yang berkaitan dengan kelestarian sumberdaya hutan dan dampaknya terhadap masyarakat serta lingkungan.
3. Membantu masyarakat untu bias mengelola hutan dan sumberdaya hutan dengan lebih baik untuk kepentingan mereka sendiri dan juga sekaligus untuk kepentingan  parapihak lainnya.
4. Membantu pemerintah, pihak swasta dan lembaga lainnya dalam merumuskan kebijakan serta mengembangkan program kemasyarakatan yang mengarah kepada sistem pengelolaan yang efektif demi kelestarian sumberdaya hutan, dengan manfaat yang bisa dinikmati bersama oleh parapihak yang terkait.
5. Mengembangkan jaringan kerja strategis, memperluas hubungan dan kerjasama dengan parapihak terkait, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional atas dasar kesetaraan dan kesalingpercayaan

Joomla templates by a4joomla